Senin, 01 April 2013

SM Entertainment Tanggapi Tuduhan Plagiarisme untuk Lagu SHINee “Dream Girl”

20130401_shinee_plagiarismBeberapa fans internasional telah menemukan kemiripan antara SHINee “Dream Girl” dan Luis Miguel “Vuelve“ dan sekarang masalah ini telah menjadi sorotan di Korea.
Sebuah video dari kedua lagu yang dibandingkan diunggah ke YouTube, dan banyak  penonton yang mendengarkan kedua lagu tersebut menyadari adanya kemiripan. Beberapa berpendapat bahwa mungkin SM Entertainment membeli hak cipta lagu tersebut.
Namun, SM Entertainment membantah semua rumor bahwa lagu SHINee tersebut menjiplak atau sampel, dengan mengatakan, “‘Dream Girl’ adalah produk dari produser Shin Hyuk, yang terkenal sebagai produser bintang pop terkenal Justin Bieber, dan tim pencipta lagu miliknya, ‘Joombas Music Factory’.” Dalam panggilan telepon dengan Chosun, mereka berkata, “Kami tidak membeli hak distribusi, dan kami tidak melakukan sampel lagu. Ini adalah murni ciptaan SM Entertainment. Tuduhan plagiarisme hanya pendapat beberapa orang.
Dalam panggilan telepon dengan Osen, seorang wakil SM berkata, “Kami tahu bahwa [tuduhan penjiplakan] berasal dari beberapa netizens. Kami rasa mereka tidak tahu apa itu plagiarisme. Kalian dapat mengatakan lagu tersebut serupa, namun tidak benar untuk mengatakan bahwa lagu tersebut sama.” Seorang komposer menyatakan pada Osen, “Untuk lagu bisa dianggap menjiplak dari segi hukum, empat bar harus benar-benar sama. Jika kalian membandingkan kedua lagu tersebut, kalian tidak bisa mengatakan itu.”
source: allkpop
Indotrans by koreanindo.net

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar