Minggu, 28 April 2013

Hubungan Barefoot Friends, Running Man, dan Indonesia

bfrm
Heboh Kedatangan Barefoot Friends
Fans Korea di Indonesia semakin berbunga-bunga. Hampir setiap bulan, Indonesia kedatangan tamu-tamu dari negeri ginseng tersebut. Beragam bentuk acara dari mulai fan meeting, konser, sampai yang terbaru ini adalah syuting variety show.
Belum reda kehebohan Indonesia dengan kedatangan Big Bang yang tak diduga-duga, K-Lovers Indonesia kembali histeris dengan kedatangan para member Barefoot Friends untuk syuting di Jogjakarta. Sebentar, mari kami perkenalkan dulu sekilas tentang Barefoot Friends.
Barefoot Friends merupakan sebuah variety show terbaru SBS yang tayang setiap hari Minggu waktu Korea Selatan. Para cast member bukan orang biasa. Mereka adalah artis-artis Korea terkenal yang pada dasarnya sudah memiliki basis fans yang banyak. Kang Hodong merupakan MC tenar Korea yang sudah malang melintang di dunia variety show. Eunhyuk, terkenal bukan hanya karena ia member dari Super Junior, tapi juga kemampuan varietynya yang patut diacungi jempol. Belum lagi Yoon Jong Shin, Kim Bum Soo, Yoo Se Yoon merupakan MC, pelawak, dan juga penyanyi yang tidak asing lagi. Ditambah wajah-wajah menyegarkan seperti Kim Hyunjoong aktor dan penyanyi, si cantik dan seksi UEE After School, dan Yoon Si Yoon pemeran Kim Tak Gu dalam Bakkery King yang dramanya juga terkenal di Indonesia.
Tak heran, dengan menggandeng nama-nama populer di atas, Barefoot Friends berhasil menarik perhatian para pecinta variety show Korea baik di dalam maupun di luar negerinya sendiri. Episode pertama Barefoot Friends berlokasi di Vietnam. Di sana, mereka diberi misi menjalani kehidupan layaknya penduduk lokal dan benar-benar apa adanya. Menarik, dari segi idenya. Dan kini, tim Barefoot Friends memilih Indonesia, Jogjakarta tepatnya.
Mengapa Indonesia? Pastinya karena antusias fans yang sudah terlihat begitu besar dan tanpa meninggalkan unsur eksotisme budaya, wisata yang dimiliki Indonesia. Pernah baca tulisan kami sebelumnya tentang Running Man sebagai media promosi pariwisata dan budaya? Coba dibaca dulu di sini. Menarik ketika membicarakan pariwisata Indonesia karena memang tak akan pernah ada ujungnya. Indonesia begitu luas dan begitu kaya jadi kita cukup membicarakan secara global.
Barefoot Friends ini sebenarnya bukan yang pertama kali variety show Korea yang syuting di Indonesia. Sebelumnya ada WGM Eunjung T-Ara yang syuting di Lombok. Ini heboh, karena selain para cast members yang sangat terkenal, Barefoot Friends memang mengusung tema yang mengharuskan mereka turun langsung ke penduduk lokal. Imagine how close between idol and fans! Sudah kebayang kan histeria yang ada?
Jogjakarta, lokasi yang sangat pas dan ideal untuk lokasi syuting variety show semacam ini. Udara yang tidak terlalu panas, kota yang tertib, budaya yang masih kental, dan memang kota yang indah dan eksotis. Pilihan yang tepat!
Running Man dan Barefoot Friends
Mengapa kami mengaitkan Barefoot Friends dengan Running Man? hmm… Running Man dan Barefoot Friends sebenrnya punya banyak hal yang berhubungan walaupun tidak bisa dibilang persamaan yang identik.
Pertama kali mendengar deretan cast member Barefoot Friends apa yang ada di pikiran kalian? kumpulan beberapa pria dengan 1 wanita. Mirip dengan Running Man yang hanya memiliki 1 orang member wanita. Jika di Barefoot Friends ada UEE, Song Jihyo adalah wanita satu-satunya di Running Man. Lainnya, konsep variety show memang terkesan serupa, Pergi ke suatu tempat lalu menyelesaikan misi. Walaupun misinya memang beda-beda. Dan terakhir tentunya setuju, bahwa kedua acara ini sama-sama berada di bawah naungan SBS. Tak heran, jika dilihat dari angle kamera, kecerahan cahaya, editan, dan sebagainya tak jauh berbeda dengan apa yang ada di Running Man.
Fans Running Man di Indonesia tak bisa dianggap remeh. Mungkin banyak fans RM yang merasa seperti dianaktirikan SBS secara tidak langsung. 2 tahun lebih RM berjalan dan fans sangat berharap adanya syuting di Indonesia, SBS malah tiba-tiba mendatangkan Barefoot Friends untuk episode awalnya. Kaget, wajar saja. Karena biasanya, negara-negara seperti Thailand, Singapura, China, Malaysia, dan sebagainya yang lebih dulu kedatangan tamu Korea.
Tapi tunggu dulu, jika kalian merupakan fans Running Man, jangan kecil hati, karena sebenernya banyak hal yang bisa kita lihat dari sudut pandang positif lainnya.
1. Penetepan lokasi syuting Barefoot Friends di Indonesia tentunya karena campur tangan hallyu wave yang semakin berkembang. Jika berbicara hallyu, kita bisa tahu mulai dari drama lalu para idol kpop dan kemudian Running Man sebagai pembawa virus hallyu di tanah air. Jadi, secara tidak langsung, thanks to all sunbaes yang sudah membuka jalan Barefoot Friends menuju Indonesia.
2. Antusias fans, berapa banyak para fans mengirimkan petisi dan sejenisnya untuk mendatangkan idolanya ke Indonesia? termasuk para fans Running Man. Then guys, U do then u get it! Antusias fans yang begitu besar membuat kita berhasil dilirik oleh para produser Korea.
3. SBS knows. kalau ada salah satu episode di Running Man yang bertema “Garry Knows”, dengan datangnya tim Barefoot Friends ke negeri kita berarti SBS knows. SBS tahu bagaimana fans korea di Indonesia begitu menginginkan wilayahnya menjadi lokasi syuting. Dont worry, yang terpenting segala usaha kalian diketahui SBS.
4. Kalau SBS sudah tahu seberapa besar keinginan fans di Indonesia terhadap variety shownya, kita hanya tinggal menunggu lagi. Kita pun patut bersyukur dan berpikir lebih terbuka bahwa Tim BF bisa membuka jalan untuk PD-PD Running Man menjadikan Indonesia sebagai target lokasi syuting luar negeri selanjutnya.
Yang terpenting, hubungan Korea dan Indonesia yang sudah berusia 40 tahun ini memang terlihat makin mesra. Pemerintah kedua belah pihak semakin terbuka dan saling memperkenalkan budaya dan pariwisata satu sama lain. Indonesia patut bangga karena kita bisa lebih dikenal di mata internasional lebih luas lagi. Semoga saja, budaya dan pariwisata kita makin dikenal banyak pihak di luar sana lewat Barefoot Friends.

written by @zeekyuryu,espresseoul

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar